Sekilas Hotel
Hotel adalah perusahaan yang
menyediakan jasa-jasa dalam bentuk akomodasi (penginapan) serta menyajikan
hidangan dan fasilitas lain yang memenuhi syarat-syarat comfort dan bertujuan
komersial.
Hotel mempunyai 6 Departemen,
antara lain :
- Front Office Department
- Housekeeping Department
- Food & Baverage Department
- Accounting Department
- Enginering Department
- Personel Department
- Front Office Department
- Housekeeping Department
- Food & Baverage Department
- Accounting Department
- Enginering Department
- Personel Department
Front Offcice adalah bagian dalam
hotel yang bertanggung jawab dalam penjualan kamar hotel, baik yang melalui
pemesanan ataupun tanpa pemesanan/reservation.
Front Office Department memiliki
6 Section, diantaranya:
- Reservation Section
- Reception Section
- Information Section
- Uniform Section
- Telephone Operator Section
- Guest Chasier Section
- Reservation Section
- Reception Section
- Information Section
- Uniform Section
- Telephone Operator Section
- Guest Chasier Section
Program Produktif
# Bekerja dengan teman kerja dan pelanggan
# Bekerja dilingkungan yang berbeda secara sosial
# Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja
# Berkomunikasi melalui telepon
# Menerima dan memproses Reservasi
# Menyediakan layanan akomodasi reception
# Menyediakan jasa Porter
# Menyediakan layanan Housekeeping untuk tamu
# Membersihkan lokasi / area dan peralatan
# Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan industri perhotelan
# Menyiapkan Kamar tamu
# Menangani linen dan pakaian tamu
# Bekerja dengan teman kerja dan pelanggan
# Bekerja dilingkungan yang berbeda secara sosial
# Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja
# Berkomunikasi melalui telepon
# Menerima dan memproses Reservasi
# Menyediakan layanan akomodasi reception
# Menyediakan jasa Porter
# Menyediakan layanan Housekeeping untuk tamu
# Membersihkan lokasi / area dan peralatan
# Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan industri perhotelan
# Menyiapkan Kamar tamu
# Menangani linen dan pakaian tamu
Struktur organisasi di kantor depan hotel
dipengaruhi oleh besar atau kecilnya hotel, banyak atau sedikitnya jumlah
karyawan serta sistem operasional yang digunakan di hotel. Semakin besar hotel
semakin rumit pula struktur yang digunakan, begitu pula sebaliknya jika hotel
itu kecil, maka strukturnya organisasinya pun sederhana. Berikut ini adalah
contoh struktur organisasi kantor depan pada hotel besar ;
Jika dilihat dari struktur organisasi
diatas bahwa pimpinan tertinggi dibagian ini adalah Front Office Manager yang
membawahi para manager, Chief atau Chef. Adapun petugas bawahannya adalah
Executive Lounge Assistant, Guest Relation Supervisor , Front Desk Supervisor,
Reservation Agent, Business Service, Bell Captain, Airport Representative,
Guest Relation Officer(GRO), Telephone Operator, Front Desk Agent (FDA),
Reservation Agent, Doorman/doorgirl, Bellman.Berikut ini adalah deskripsi
pekerjaan di bagian kantor depan:
- Front Office Manager
üArea kerja : front office area, executive floor, business
center
ü Ringkasan pekerjaan: menciptakan kepuasan tamu dan memberi
kesan positif bagi tamu di area kerjanya
ü Melapor kepada: General Manager
ü Staf bawahan: semua staff front office
Tugas pokok:
1.
Menyeleksi,
menempatkan, melatih dan mengevaluasi karyawan front office.
2.
Memastikan bahwa
semua staff di front office menguasai sistem komputer hotel, etika menerima
telepon dan standard operasional yang ada di hotel.
3.
Menjaga keharmonisan
kerja dengan penjualan dan pemasaran tentang harga kamar
4.
Menyambut tamu VIP
5.
Menangani keluhan
tamu yang tidak bisa diselesaikan oleh bawahannya
6.
Membuat laporan
bulanan tentang daftar tamu, tingkat hunian maupun untung/rugi di bagian kantor
depan
7.
Menjaga kedisiplinan
petugas kantor depan dengan memberikan peringatan dan sanksi bagi yang
melanggar ketentuan.
8.
Meningkatkan kualitas
dan prestasi karyawan yang berprestasi dengan memberikan penghargaan
9.
Membuat budget
tahunan, menganalisis operasi dan pendapatan hotel secara harian dari sisi
pendapatan, rata-rata harga kamar
- Assistant Front Office Manager
ü Area kerja: front office, executive floor, business center.
ü Ringkasan pekerjaan: membantu kelancaran tugas di front
office dan menggantikan front office manager ketika berhalangan dan
mengkordinir beberapa tugas sesuai dengan deskripsi pekerjaannya nya
ü Atasan langsung: Front Office Manager
ü Staff bawahan: Duty Manager, FO Supervisor, Supervisor level
lainnya
di departemen Front Office
di departemen Front Office
Tugas pokok:
1.
Membantu pekerjaan
Front Office Manager dalam hal kontrol dan administrasi.
2.
Membuat jadual kerja
Duty Manager,Receptionist, Telephone Operator, GRO dan concierge.
3.
Memantau operasional
di front office
4.
Mengarahkan dan
mengawasi terhadap pekerjaan reception dan concierge.
5.
Memimpin briefing
pada waktu shift malam
6.
Terjun ke operasional
hotel pada saat ramai tamu
7.
Menghadiri briefing
pagi manajemen hotel, mewakili Front Office Manager jika berhalangan hadir.
8.
Menangani keperluan
tamu yang membutuhkan bantuan.
9.
- Duty Manager
ü Area kerja: front office dan seluruh hotel yang ada hubungannya
dengan tamu di hotel.
ü Ringkasan pekerjaan: mendukung pekerjaan operasional kantor
depan secara menyeluruh dan mengontrol operasional lintas departemen untuk
shift tertentu.
ü Atasan langsung: Front Office Manager
ü Staff bawahan: Front Office Supervisor, Front Office Staff,
Guest Relation Officer, Concierge, Business Center Secretary.
Tugas pokok:
1.
Membantu tugas Front
Office Manager dan Asssistant FOM dalam melakukan tugas operasional di front
office.
2.
Mendukung kelancaran
proses check-in dan check-out di front office.
3.
Menangani kesulitan
tamu dan staff di front desk
4.
Mengontrol
operasional di seputar front office antara lain lobby, restoran, bar, lounge
koridor dan kamar tamu.
5.
Membuat laporan
setiap shift tentang temuan dan kejadian selama jam kerjanya.
6.
Menyambut tamu VIP
bersama dengan Front Office Manager
- Executive Lounge Manager
ü Area kerja: executive lounge, executive rooms
ü Ringkasan pekerjaan: menjamin kepuasan tertinggi tamu dan
staf menurut standar pelayanan sesuai dengan ketentuan di lantai eksekutif
serta bertanggungjawab atas segala aspek operasional di lantai eksekutif.
ü Atasan langsung: Assistant FOM
ü Staf bawahan: Executive Lounge Assistant Manager
Tugas pokok:
Tugas pokok:
1.
Memastikan bahwa
laporan dan korespondensi untuk departemen telah terpenuhi dengan tepat dan
teliti
2.
Memastikan bahwa
jadual telah ditetapkan dengan baik
3.
Memastikan bahwa data
tamu selalu diperbaharui
4.
Mengawasi dan memesan
barang kebutuhan di lantai eksekutif
5.
Membantu dalam
membangun efisien tim dengan memperhatikan kesejahteraan, keselamatan, training
dan pengembangan staf
6.
Melaksanakan evaluasi
karyawan dan meninjau penampilan keseluruhan, mendiskusikan penampillan dan
bidang untuk perbaikan
7.
Mengawasi para staf
selalu melakukan metode dan standar yang telah ditetapkan
8.
Memastikan bahwa staf
mendapat informasi yang cukup mengenai kebijaksaan hotel sehubungan dengan
pemadam kebakaran, kesehatan, tunjangan dan keamanan
9.
Mempelajari dan
mengevaluasi operasional dan standar prosedur di executive lounge serta
memberikan saran untuk perubahan yang diperlukan.
- Front Desk Supervisor
ü Area kerja: front office
ü Ringkasan pekerjaan: memberikan layanan penerimaan dan
keberangkatan tamu di hotel dengan memberikan petunjuk kepada staff front desk
serta mengontrol kode akses komputer di front desk.
ü Atasan langsung: Duty Manager
ü Staff bawahan: Front Desk Agent
Tugas pokok:
Tugas pokok:
1.
Mengarahkan tugas
operasional penerimaan tamu di front office
2.
Menangani keluhan tamu
yang tidak bisa diatasi oleh Front Desk Agent
3.
Memberi persetujuan
transaksi paid out tamu untuk jumlah tertentu
4.
Memberi persetujuan
penggunaan housebank oleh Front Desk Agent
5.
Mengarahkan langkah
persiapan penerimaan grup
6.
Mengatur jadwal
setiap staff front desk.
- Chief Concierge
ü Area kerja: pintu masuk hotel, lobby, bell desk, counter
ü Ringkasan pekerjaan: memastikan bahwa semua tamu mendapatkan
pengalaman yang menyenangkan di area pintu masuk hotel, lobby, bell desk
ü Atasan langsung : Front Office Manager
ü Staff bawahan: Bellman, Doorman, Airport Representative
Tugas pokok:
Tugas pokok:
1.
Memastikan bahwa
semua staff di bagian concierge mendapatkan training tentang hotel sistem,
etiket bertelepon, standar penampilan serta filosofi hotel.
2.
Memberikan training
ke staff tentang: prosedur penanganan barang bawaan untuk tamu VIP dan
rombongan,serta penanganan keluhan tamu
3.
Mengimplementasikan
visi dan misi perusahaan
4.
Menyediakan peta
kota, pengaturan reservasi tiket pesawat dan angkutan darat serta laut, sebagai
penyedia informasi tentang aktivitas rekreasi, sosial dan keagamaan.
5.
Memastikan bahwa
sarana komunikasi yang berupa papan informasi(sign board) di lobby selalu benar
dan akurat.
- Business Centre Supervisor
ü Area kerja: area pusat bisnis
ü Ringkasan pekerjaan: mengatur dan mengarahkan segala aspek
fungsi dari pusat bisnis untuk mencapai kepuasan yang tertinggi dari tamu.
ü Atasan langsung: assistant FOM
ü Staff bawahan: Bussiness Centre Secretary
Tugas pokok:
Tugas pokok:
1.
Mengawasi staf untuk
menjamin kepuasan tamu yang maksimal melalui penghargaan diri dan perhatian
yang hangat dan tepat
2.
Mengatur dan
menyediakan arahan yang baik untuk keseluruhan maupun pelaksanaan sehari-hari
dan administrasi untuk semua bagian dalam pusat bisnis
3.
Memberikan penilaian
terhadap penampilan, kedisiplinan dan efesiensi semua karyawan di bawah
pengawasannya serta berinisatif untuk mengambil tindakan bila diperlukan
4.
Mengontrol dan
menganalisa secara berkelanjutan, biaya pengeluaran departemen sehari-hari
untuk menjamin bahwa pengeluaran tidak melebihi anggaran.
- Bell Captain
ü Area kerja: front office, lobby, kamar tamu
ü Ringkasan pekerjaan: mengurus barang bawaan tamu pada saat
datang, selama menginap di hotel maupun akan pergi meninggalkan hotel.
ü Atasan langsung: Chief Concierge
Tugas pokok:
Tugas pokok:
1.
Mengatur tugas setiap
Bellboy
2.
Menerima dan
menyimpan barang tamu yang dititipkan di concierge
3.
Mencatat dan
membukukan setiap barang tamu yang telah disimpan di luggage room.
4.
Memastikan luggage
room bersih dan teratur
5.
Mengontrol setiap
barang yang disimpan atau masih berada di lobby mempunyai tanda pengenal/ pass
nomor barang yang jelas.
6.
Mengatur Bellboy
untuk menyiapkan trolley atau kendaraan barang dalam menjemput bus rombongan
yang akan ke hotel.
7.
Mengarahkan semua
Bellboy di setiap shift kerja.
RESERVATION
☻ NAMA JABATAN : RESERVATIONIST
☻ NAMA JABATAN : RESERVATIONIST
☻ DIVISI :
ROOM DIVISION
☻ DEPARTEMEN
:
FRONT OFFICE
Tugas &
Tanggung jawab Reservation Section
Tugas utama reservation staff adalah
mencatat dan memproses seluruh pemesanan kamar secara akurat sekaligus
mempromosikan produk hotel serta menciptakan & menjaga citra hotel yang
baik melalui pemberian pelayanan yang maksimal.
Adapun
rincian tugas reservation staff yaitu:
1. Menjual produk hotel dengan cara melakukan tehnik penjualan
2. Mempromosikan produk dan fasilitas hotel
3. Mempertahankan pengetahuan tentang produk dan pelayanan yang
ada di hotel seperti harga & fasilitas promosi, harga khusus dll
4. Menjalin hubungan yang baik dengan tamu serta mengantisipasi
kebutuhan tamu
5. Mencatat dan memproses pemesanan yang dilakukan dengan
berbagai macam media
6. Menerima pemesanan kamar yang ada dalam daftar tunggu
(waiting list)
7. Memproses perubahan pemesanan kamar
8. Mencatat metode pembayaran yang sudah di atur khusus untuk
tamu rombongan dan konvensi
9. Melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari tamu no show
10.
Meminta persetujuan
FOM atau finance manager untuk pemesanan kamar yang menginginkan pembayaran
kredit
11.
Membuat laporan
reservasi
12.
Mengarsip data
pemesanan kamar secara akurat.
v Dasar-dasar reservasi.
1. Manfaat pemesanan kamarAda beberapa manfaat yang diperoleh hotel dalam proses pemesanan kamar, yaitu:
- Hotel akan mendapatkan informasi dari calon tamu sebelum tamu tiba, sehingga hotel menyiapkan perlengkapan yang diperlukan pada saat check in.
- Hotel dapat memblocking kamar, sehingga tingkat hunian kamar dapat diketahui dalam jangka waktu tertentu.
- Hotel dapat membuat perkiraan, sehingga perkiraan tingkat hunian kamar pada periode tertentu pula sehingga memudahkan pengaturan kebutuhan dan pelayanan kepada pihak tamu.
Sedangkan manfaat yang dapat diperoleh jika tamu melakukan
pemesanan kamar yaitu:
1. Manfaat pemesanan kamarAda beberapa manfaat yang diperoleh hotel dalam proses pemesanan kamar, yaitu:
- Hotel akan mendapatkan informasi dari calon tamu sebelum tamu tiba, sehingga hotel menyiapkan perlengkapan yang diperlukan pada saat check in.
- Hotel dapat memblocking kamar, sehingga tingkat hunian kamar dapat diketahui dalam jangka waktu tertentu.
- Hotel dapat membuat perkiraan, sehingga perkiraan tingkat hunian kamar pada periode tertentu pula sehingga memudahkan pengaturan kebutuhan dan pelayanan kepada pihak tamu.
Sedangkan manfaat yang dapat diperoleh jika tamu melakukan
pemesanan kamar yaitu:
- Tamu mendapatkan kamar yang telah dipesan sudah tersedia pada saat check in.
- Tamu dapat memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan selama menginap di hotel.
v Klasifikasi reservasi (classification of reservations)
a. Individual reservation
Pemesanan kamar untuk seorang calon tamu, pasangan atau sebuah keluarga. Pemesanan kamar ini biasanya dilakukan sendiri oleh calon tamu atau oleh agen. Harga yang diberikan adalah harga normal atau harga paket (normal rates/package rates/ family plan rates).
b. Group reservation
Pemesanan kamar yang dibuat oleh agen perjalanan atau perusahaan dan biasanya secara spesifik satu jenis kamar. Seringkali harga yang diberikan adalah harga diskon (discount rates/ group rates).
c. Conference reservation
Pemesanan kamar untuk sebuah rombongan yang akan melakukan pertemuan di hotel. Pemesanan kamar ini biasanya dibuat oleh sebuah organisasi, perusahaan atau suatu asosiasi. Harga kamar yang diberikan biasanya adalah harga komersial.
Tipe, media & sumber pemesanan kamar/means and sources of reservations
Tipe pemesanan kamar/types of reservations
a. Pemesanan kamar bergaransi/guaranteed reservation
Guaranteed reservation adalah suatu pemesanan kamar yang disertai dengan jaminan pembayaran. Tujuan dari jaminan ini adalah untuk mendapatkan kepastian dari pihak hotel atas pemesanan kamar yang telah dilakukan. Kebijakan ini umumnya dilakukan pada saat musim ramai (peak season/ high season).
Adapun jenis-jenis dari guaranteed reservation adalah:
- Pre-payment; pembayaran yang dilakukan oleh para calon tamu untuk sejumlah harga kamar dan fasilitas yang dipesan selama tinggal sebelum mereka mempergunakan fasilitas/menempati kamar.
- Credit card adalah jaminan pemesanan kamar dengan menggunakan tagihan kartu kredit. Jaminan ini yang paling umum digunakan untuk saat ini.
- Advance deposit: pembayaran yang dikirimkan/dibayarkan oleh calon tamu kepada pihak hotel dalam jumlah tertentu, paling sedikit pembayaran harga kamar untuk satu malam atau lebih dan kurang dari harga keseluruhan selama tinggal.
- Contractual agreement (corporate); sebuah bentuk kerjasama dimana perusahaan menyetujui untuk membayar sejumlah kamar kepada pihak hotel. Pembayaran tersebut dilakukan bila kamar digunakan atau tidak digunakan sesuai dengan yang sudah tertera pada surat kesepakatan.
- Travel agent voucher; jaminan pemesanan kamar yang dilakukan oleh pihak biro perjalanan yang jaminannya berupa voucher .
b. Pemesanan kamar tidak bergaransi/non-guaranteed reservation
Non guaranteed reservation adalah suatu pemesanan kamar yang tidak disertai jaminan apapun. Pihak hotel hanya akan memastikan kamar yang telah dipesan tersedia, sampai pada batas waktu yang telah ditentukan saat tanggal kedatangan. Umumnya batas waktu tersebut adalah pukul 18.00 waktu setempat. Hal ini sering disebut juga dengan istilah 6 pm release.
a. Individual reservation
Pemesanan kamar untuk seorang calon tamu, pasangan atau sebuah keluarga. Pemesanan kamar ini biasanya dilakukan sendiri oleh calon tamu atau oleh agen. Harga yang diberikan adalah harga normal atau harga paket (normal rates/package rates/ family plan rates).
b. Group reservation
Pemesanan kamar yang dibuat oleh agen perjalanan atau perusahaan dan biasanya secara spesifik satu jenis kamar. Seringkali harga yang diberikan adalah harga diskon (discount rates/ group rates).
c. Conference reservation
Pemesanan kamar untuk sebuah rombongan yang akan melakukan pertemuan di hotel. Pemesanan kamar ini biasanya dibuat oleh sebuah organisasi, perusahaan atau suatu asosiasi. Harga kamar yang diberikan biasanya adalah harga komersial.
Tipe, media & sumber pemesanan kamar/means and sources of reservations
Tipe pemesanan kamar/types of reservations
a. Pemesanan kamar bergaransi/guaranteed reservation
Guaranteed reservation adalah suatu pemesanan kamar yang disertai dengan jaminan pembayaran. Tujuan dari jaminan ini adalah untuk mendapatkan kepastian dari pihak hotel atas pemesanan kamar yang telah dilakukan. Kebijakan ini umumnya dilakukan pada saat musim ramai (peak season/ high season).
Adapun jenis-jenis dari guaranteed reservation adalah:
- Pre-payment; pembayaran yang dilakukan oleh para calon tamu untuk sejumlah harga kamar dan fasilitas yang dipesan selama tinggal sebelum mereka mempergunakan fasilitas/menempati kamar.
- Credit card adalah jaminan pemesanan kamar dengan menggunakan tagihan kartu kredit. Jaminan ini yang paling umum digunakan untuk saat ini.
- Advance deposit: pembayaran yang dikirimkan/dibayarkan oleh calon tamu kepada pihak hotel dalam jumlah tertentu, paling sedikit pembayaran harga kamar untuk satu malam atau lebih dan kurang dari harga keseluruhan selama tinggal.
- Contractual agreement (corporate); sebuah bentuk kerjasama dimana perusahaan menyetujui untuk membayar sejumlah kamar kepada pihak hotel. Pembayaran tersebut dilakukan bila kamar digunakan atau tidak digunakan sesuai dengan yang sudah tertera pada surat kesepakatan.
- Travel agent voucher; jaminan pemesanan kamar yang dilakukan oleh pihak biro perjalanan yang jaminannya berupa voucher .
b. Pemesanan kamar tidak bergaransi/non-guaranteed reservation
Non guaranteed reservation adalah suatu pemesanan kamar yang tidak disertai jaminan apapun. Pihak hotel hanya akan memastikan kamar yang telah dipesan tersedia, sampai pada batas waktu yang telah ditentukan saat tanggal kedatangan. Umumnya batas waktu tersebut adalah pukul 18.00 waktu setempat. Hal ini sering disebut juga dengan istilah 6 pm release.
c.
Confirmed reservation.
Pemesanan kamar yang telah disetujui oleh pihak hotel dengan bukti surat kepastian tentang pemesanan kamar(confirmation letter) yang dikirimkan kepada tamu yang bersangkutan. Confirmation letter ini harus dibawa oleh tamu pada saat check-in sebagai bukti untuk memperoleh kamar.
Pemesanan kamar yang telah disetujui oleh pihak hotel dengan bukti surat kepastian tentang pemesanan kamar(confirmation letter) yang dikirimkan kepada tamu yang bersangkutan. Confirmation letter ini harus dibawa oleh tamu pada saat check-in sebagai bukti untuk memperoleh kamar.
BELL BOY
☻ NAMA JABATAN : BELL BOY
☻ DIVISI : ROOM DIVISION
☻ DEPARTEMEN : FRONT OFFICE
☻ NAMA JABATAN : BELL BOY
☻ DIVISI : ROOM DIVISION
☻ DEPARTEMEN : FRONT OFFICE
TANGGUNG JAWAB BELL BOY (Bellboy Responsibility)
Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada tamu pada waktu check-in dan check-out serta tugas lainnya atas permintaan manajemen.
Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada tamu pada waktu check-in dan check-out serta tugas lainnya atas permintaan manajemen.
URAIAN TUGAS BELL BOY
- Mengantar tamu ke reception dan membawakan barang-barang
tamu check-in
- Menerima kunci kamar dari receptionist kemudian
mengantarkan tamubersama barangnya ke
kamar yang telah ditentukan.
- Membantu membawakan barang-barang tamu yang tinggal di hotel
pada saat check-out dan memberikan keterangan pada tamu tentang fasilitas hotel
serta serta peralatan dan perlengkapan kamar.
- Memeriksa kelengkapan fasilitas kamar pada saat akan
mengantar tamu check-out dan meminta kunci kamar tamu serta mengembalikannya
kereception.
- Membawakan barang-barang tamu serta mengantar tamu ke front
desk untuk menyelesaikan rekening atau guest billnya.
RECEPTION
☻ NAMA JABATAN : RECEPTIONIST
☻ DIVISI : ROOM DIVISION
☻ DEPARTEMEN : FRONT OFFICE
TANGGUNG
JAWAB RECEPTIONIST
Melayani tamu secara efisien, ramah tamah dan professional di Front Desk, juga selalu meningkatkan dan mempertahankan standard service & keramah tamahan dari waktu ke waktu.
Melayani tamu secara efisien, ramah tamah dan professional di Front Desk, juga selalu meningkatkan dan mempertahankan standard service & keramah tamahan dari waktu ke waktu.
URAIAN TUGAS
Menguasai dan memahami:
- Check in dan check out prosedur
- Product Knowledge
- Melayani tamu check in dan check out.
- Melakukan penataan atas ketepatan formulir dan informasi.
- Mencatat data “Forwarding Address” tamu.
- Membantu tamu dalam pengisian Registration Card, memeriksa kelengkapan dan ketepatan pengisian.
Menguasai dan memahami:
- Check in dan check out prosedur
- Product Knowledge
- Melayani tamu check in dan check out.
- Melakukan penataan atas ketepatan formulir dan informasi.
- Mencatat data “Forwarding Address” tamu.
- Membantu tamu dalam pengisian Registration Card, memeriksa kelengkapan dan ketepatan pengisian.
-Meminta meng-copy kartu pengenal/Passport
tamu bila merasa perlu.
-Memberikan kunci kamar sesuai dengan tipe kamar yang diminta.
-Memberikan kunci kamar sesuai dengan tipe kamar yang diminta.
the best ever dechh...
BalasHapus